Sekilas tentang Social Media

By : Ayu Dwi

Media sosial adalah sebuah media daring (dalam jaringan-online) dimana pengguna bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan menciptakan konten dalam bentuk blog, jejaring sosial danforum. Blog dan jejaring sosial merupakan bentuk media sosial yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Andreas Kaplan & Michael Haenlein mendefinisikan media sosial sebagai “sebuah kelompok aplikasi berbasis internet yang dibangun di atas dasar ideologi dan teknologi Web 2.0 dan yang memungkinkan penciptaan dan pertukaran user-generated content.

Menurut penulis sendiri media sosial ialah sebuah media daring yang membantu setiap individu dalam berkomunikasi tanpa terbatasi oleh jarak dan waktu. Media sosial dapat membantu individu dalam menyampaikan dan mendapatkan informasi hingga sarana berbisnis dan membentuk komunitas.

Media Sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

  • Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa ke banyak orang sekaligus
  • Pesan yang di sampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper
  • Pesan yang di sampaikan cenderung lebih cepat dibanding media lainnya
  • Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi

Saat ini hampir segala sesuatu berhubungan dengan media sosial, mulai dari belajar, bekerja, rekreasi, bisnis, pemasaran, semua terhubung dengan media sosial. Beberapa manfaat dari media sosial antara lain:

Sosial Media untuk pendidikan

Sosial media dapat membantu kita dalam belajar. Kita dapat berkumpul dengan sebuah komunitas tanpa harus keluar dari rumah. Kita dapat bertanya kepada orang lain tanpa kita harus tahu siapa orang tersebut. Dengan mudahnya pertukaran informasi, kita bisa mendapatkan ilmu baru yang up to date dari waktu ke waktu.

Sosial Media untuk bisnis

Sosial media memegang peranan penting dalam dunia bisnis. Kita dapat memasarkan produk secara cuma-Cuma dan menjaring lebih banyak pembeli melalui sosial media. Facebook, Twitter, Google + telah membuktikan betapa pentingnya sosial media dalam dunia bisnis.

Sosial media untuk pekerjaan

Sosial media juga memegang peranan penting dalam sebuah pekerjaan. Kita bisa mengumumkan perubahan jadwal kerja dari sosial media. Keuntungan menggunakan sosial media adalah gratis, up to date dan mudah penggunaannya. Kita tidak perlu mengirimkan SMS ke banyak orang atau menelfon banyak orang saat ada perubahan jadwal kerja. Kita bisa melakukannya melalui sosial media.

Dua situs jejaring sosial yang paling terkenal dan banyak digunakan saat ini adalah Facebook dan Twitter. Facebook adalah situs jejaring sosial yang sedang populer saat ini. Didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama temannya sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin. Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh facebook dan jarang dimiliki oleh situs jejaring sosial lain adalah ragam aplikasi yang dapat memanjakan pengguna, baik yang dikembangkan oleh pihak internal maupun eksternal facebook. Twitter merupakan jenis situs jejaring sosial pertemanan yang memungkinkan para penggunanya dapat mendapatkan relasi dengan mendaftarkan dirinya pada situs tersebut. Twitter didirikan oleh Jack Dorsey pada bulan Maret 2006 dan secara resmi diluncurkan pada bulan Juli 2006. Twitter adalah jejaring sosial sejenis micro-blogging –blog ukuran kecil dari sisi jumlah kata yang bisa diupload (hanya 140 karakter).

Di sisi lain, media sosial juga banyak digunakan untuk kejahatan. Beberapa kasus yang terjadi banyak kejahatan yang pernah dialami manusia dengan menggunakan media sosial. Diantaranya kasus penipuan jualan online. Di samping itu dengan mudahnya akses informasi melalui sosial media, banyak pihak yang memanfaatkan untuk menyebarkan informasi yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya, atau yang lazim disebut hoax. Meskipun banyak kemudahan yang didapat dengan sosial media, pengguna tetap harus waspada dan bijaksana dalam menggunakan sosial media. Saring sebelum sharing harus benar-benar diterapkan saat ingin berbagi informasi dengan sesama pengguna sosial media demi menciptakan lingkungan dunia maya yang informatif dan bertanggungjawab.

Sumber:

http://naritarosianadea.blogspot.co.id/2015/10/artikel-mengenai-media-sosial.html?m=1

dengan perubahan

269 Comments

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *